PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Ewita, Cahaya Ramadanti (2021) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EWITA CAHAYA RAMADANTI_PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19(1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran seorang guru di madrasah sangat menentukan mutu pendidikan saat ini. Seorang guru diharapkan mampu menjadikan peserta didik yang berkualitas, baik dari segi akademis, ketrampilan, emosional, serta spiritualnya. Ada banyak cara menjadi guru yang kreatif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar. Proses pembelajaran daring dirumah orang tua memiliki peran penting dalam mengoptimalkan pembelajaran daring di rumah. Dalam hal ini, orang tua dituntut untuk lebih dekat dengan anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dan orang tua dalam penggunaan media pembelajaran daring pada MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui angkat, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, panyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi dua subtansi, yang pertama peran guru dalam penggunaan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah Krajan meliputi peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai evaluator, peran guru dalam penggunaan media pembelajaran Google Form meliputi menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan terhadap peserta didik, fasilitas dan sumber belajar, pembuatan media pembelajaran Google Form. Kedua, peran orang tua dalam penggunaan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah Krajan meliputi peran orang tua sebagai pembimbing bagi anak, peran orang tua sebagai pendamping belajar bagi anak, peran orang tua sebagai fasilitator bagi anak, peran orang tua sebagai motivator anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Peran orang tua, Media Pembelajaran Daring.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ewita Cahaya Ramadanti
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:32
Last Modified: 09 Jun 2021 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item