PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN TEMPAT HIDUPNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

MUNSORIFAH, NIM 102336079 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN TEMPAT HIDUPNYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MUNSORIFAH_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
COVER, DAFTAR ISI, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pembelajaran IPA yang berhasil, diketahui dengan dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Hal ini berbeda dengan kondisi siswa kelas III di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Berdasarkan observasi pendahuluan ditemukan permasalahan yaitu siswa terlihat bosan suntuk saat pelajaran IPA karena kurangnya variasi guru dalam penggunaan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran rendah dan minat belajar siswapun menjadi rendah. Sebagai upaya perbaikan, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tempat hidupnya bagi siswa kelas III MI Diponegoro 03 Karangklesem Purwokerto Selatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tempat hidupnya dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian adalah siswa kelas III, serta objek penelitiannya adalah Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tempat hidupnya di kelas III MI Diponegoro 03 Karangklesem. Rencana tindakan yang akan dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan menjadi 2 siklus yaitu siklus I tanggal 13 Agustus 2014 dan siklus II pada tanggal 20 Agustus 2014. Dari penelitian yang telah dilakukan perolehan nilai rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 56.25% ketuntasan belajar siswa. Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 93.75% ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Diponegoro 03 Karangklesem pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup berdasarkan tempat hidupnya Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar , prestasi belajar, mata pelajaran IPA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Sep 2016 01:42
Last Modified: 06 Sep 2016 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item