STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TA’ALUMUSSIBYAN SITANGGAL KABUPATEN BREBES

Mohammad, Tamrin (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TA’ALUMUSSIBYAN SITANGGAL KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis M.Tamrin 191765040.MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah sebagai seorang manajer harus mempunyai strategi dalam pengembangan mutu sarana dan prasarana pendidikan, karena salah satu indikator yang paling mudah diukur untuk mengetahui suatu madrasah itu bermutu atau tidak, dapat dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana pendidikannyan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala madrasah dalam pengembangan mutu sarana dan prasarana pendidikan di Madarasah Ibtidaiyah Ta’alumussibyan Sitanggal kabupaten Brebes yang dimulai dari program perencanaan, program pengadaan serta program pengendalian mutu sarana dan prasarana pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga alur kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pemeriksaan keabsahan data dengan keterpercayaan, keteralihan, ketergantungan kepastian dan juga dengan teknik trigulasi data. Hasil penelitian, strategi kepala madrasah dalam pengembangan mutu sarana dan prasarana pendidikan yang dipakai tiga cara yaitu strategi yang pertama pengembangan program perencanaan dengan cara rapat koordinasi pada awal tahun, penetapan program, analisis kebutuhan sarana dan prasarana serta pembentukan tim khusus , yang kedua strategi pengembangan program pengadaan dengan cara pembuatan sendiri /pembangunan sendiri, bantuan atau hibah , penukaran serta perbaikan yang ketiga strategi pengembangan program pengendalian dengan cara inventarisir , pemeliharaan dan penyimpanan. Dengan adanya kesesuaian standar mutu sarana dan prasarana yang telah ditetapkan dengan kondisi yang sebenarnya terdapat peningkatan mutu pendidikan dilihat dari peningkatan kinerja guru, pembelajaran lebih bergairah, prestasi akademik dan non akademik siswa pertahun memperoleh prestasi lebih meningkat , sedangkan mutu kelulusan pertahun adanya peningkatan ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata dari tahun pelajaran 2016/2017 sampai tahun pelajran 2019/2020 . Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah,Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Ta’alumussibyan Sitanggal Kabupaten Brebes

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah,Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Ta’alumussibyan Sitanggal Kabupaten Brebes
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MOHAMMAD TAMRIN sdr
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:19
Last Modified: 08 Jun 2021 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item