PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS

Muflihatul, Qiromah (2021) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_191763023_Muflihatul Qiromah_PGMI (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan, bahwa pembelajaran matematika yang ada pada umumnya di MI wathoniyah Islamiyah mengalami kesulitan untuk pembelajaran matematika terutama di bagian soal yang berupa soal cerita. Rendahnya siswa dalam membaca soal dan kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisa soal. Hal ini pun disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga menambah kemampuan siswa semakin berkurang dalam memahami soal. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan yang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini diduga disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah terutama masalah dalam bentuk soal cerita. Kemampuan pemecahan masalah matematika penting dikuasai oleh siswa. Kemampuan tersebut diharapkan dikuasai oleh siswa sesuai acuan Kurikulum 2013. Sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Salah satunya menerapkan pembelajaran berbasis masalah yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dalam bentuk nonquivalent control group design. Dalam desain tersebut peneliti memilih dua kelas sebagai sampel penelitian untuk diberikan perlakukan yang berbeda. Kelas pertama, kelas V A diidentifikasi sebagai kelompok eksperimen dengan diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Kemudian kelas kedua VB, sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvesional seperti biasa. Data yang diperoleh kemudian dianalisi menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemecahan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tergolong rendah, Namun setelah proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran berbasis masalah dalam menyelesaikan permasalahan matematika, kemampuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kemampuan yang rendah menjadi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan analisis hasil gain score yang menunjukkan bahwa nilai t- hitung -3,557 dengan signifikan 0,001 dan nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan secara otomatis H1 diterima. Model pembelajaran ini berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika   ABSTRACT This research is based on field observations at MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. In general, students at MI Wathoniyah Islamiyah have difficulty learning mathematics, particularly in the question section in the form of narrative problems. This is due to students' poor proficiency in reading questions and their inability to comprehend the questions. The latter is related to the fact that learning is still centered on the teacher, so students' ability to solve math problems, especially those in the form of story problems, is limited. The ability to solve math problems is necessary for students to master . According to the 2013 Curriculum references, students are required to master this skill. As a result, developments in MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan are required, with the use of problem-based learning, which is thought to develop students' mathematical problem-solving skills. As a quasi-experimental design, a non-equivalent control group design was used in this study. The researcher chooses two groups as test subjects to be handled separately in this design. After undergoing problem-based learning instruction, the first class, V A, was designated as an experimental group. The second class VB then served as a control group, using traditional learning on a daily basis. The -t test was used to analyze the obtained data. The results indicated that before using the problem-based learning model, the students' ability to solve mathematical problems was marked as low; but, after the learning process used problem-based learning in solving mathematical problems, the students' abilities increased significantly, from low to high This is shown by the study of the gain score results, which indicate that the t-value is -3.557 with a substantial 0.001 and this value is less than 0.05, indicating that Ho is excluded and H1 is immediately accepted. This learning style has a huge impact on students' problem-solving skills in math. Keywords: Problem Based Learning, mathematics problem solving abili

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan pemecahan masalah matematika Problem Based Learning, mathematics problem solving abili
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Muflihatul Qiromah
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:49
Last Modified: 02 Jun 2021 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item