IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU BANJARANANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Luluh, Nadia Larasati (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU BANJARANANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LULUH NADIA LARASATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA’ARIF NU BANJARANANYAR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik adalah program pembelajaran yang berangkat dari satu tema/topic tertentu dan kemudian di elaborasi dari berbagai aspek atau ditinjau dari berbagai perspektif mata pelajaran yang bisa di ajarkan di sekolah. Pengertian pembelajaran tematik yang dimaksud adalah proses pembelajaran yang mencakup beberapa standar kompetensi dari beberapa mata pelajaran yang kemudian digabungkan ke dalam satu tema pembahasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model milles huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: proses pembelajaran tematik di kelas V MI Ma‟arif NU Banjarayar mulai dari tahap-tahap pembelajaran tematik yang meliputi a) memilih tema, b) melakukan analisis KI, Kompetensi Dasar, dan membuat Indikator, c) melakukan pemetaan kompetensi dasar, d) membuat jaringan kompetensi dasar, e) menganalisis silabus, f) menyusun RPP, belum dilaksanakan secara maksimal dari tahap-tahap pembelajaran tematik dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilaksanakan yaitu menganalisis silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, akan tetapi, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat memang sudah sesuai dengan karakteristik silabus serta RPP pembelajaran tematik di MI. Adapun dalam pelaksanannya, pembelajaran tematik yang diterapkan di MI Ma‟arif NU Banjaranyar sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam pembelajaran tematik dari pemilihan metode, strategi serta evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Luluh Nadia Luluh
Date Deposited: 05 May 2021 03:44
Last Modified: 05 May 2021 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item