UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH MI MA'ARIF NU DAWUHAN KULON

ANNISA, SALMA (2021) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH MI MA'ARIF NU DAWUHAN KULON. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANNISA SALMA_UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS RENDAH MI MA'ARIF NU DAWUHAN KULON KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Akhlak dalam islam memiliki nilai baik dan buruk yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penanaman akhlak, manusia dapat memiliki bekal ilmu dan pengetahuan mengenai akhlak untuk pedoman dalam berperilaku dan berinteraksi dengan Allah SWT dan sesama manusia sehingga terbentuklah manusia yang berakhlak. MI Ma’arif NU Dawuhan Kulon merupakan salah satu sekolah yang mengutamakan akhlak mulia terhadap siswanya. Hal ini dibuktikan dengan visi sekolah yaitu Bertaqwa, Berilmu, dan Berakhlaqul Karimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan akhlak pada siswa kelas rendah yang diterapkan. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan baru kepada guru dalam menanamkan akhlak kepada siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelas rendah MI Ma’arif NU Dawuhan kulon, serta siswa kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menurut Miles and Hubberman meliputi Data reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), dan Concluting Drawing (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan akhlak pada siswa kelas rendah MI Ma’arif NU Dawuhan Kulon melalui 8 hal yaitu keteladanan, pembiasaan, cerita, perumpamaan, percakapan, nasihat, pujian, dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Menanamkan Akhlak, Kelas Rendah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sdri ANNISA SALMA
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:16
Last Modified: 30 Apr 2021 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item