IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

NELA, ROHDZATUL JANNAH (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nela Rohdzatul Jannah_Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di MI Ma’arif NU Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Pentingnya literasi dalam dunia pendidikan sebagai upaya membangun generasi bangsa dengan wawasan dan pengetahuan yang luas yang berbudi pekerti luhur. Maka Pemerintah melalui Kemendikbud mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti luhur kepada peserta didik dengan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi program Gerakan Literasi Sekolah di MI Ma’arif NU Jipang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deksriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU Jipang. Dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru kelas, kepala perpustkaan dan siswa. Hasil penelitian tentang Implementasi program gerakan literasi sekolah di MI Ma’arif NU Jipang adalah sebagai berikut: (1) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di MI Ma’arif NU Jipang diwujudkan dengan melaksanakan program pembiasaan 15 menit membaca sebelum pembelajaran, Pojok Baca, Posterisasi, Gerakan ayo membaca (2) Strategi yang digunakan seperti lingkungan fisik sekolah, lingkungan sosial dan afektif, dan lingkungan akademik (3) Faktor pendudukung implementasi program gerakan literasi sekolah di MI Ma’arif NU Jipang yaitu : peran aktif warga sekolah, antusias siswa tinggi, bantuan dari pihak lain, lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan dari orang tua/wali siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu: tidak adanya ruang perpustakaan, kondisi buku dan jumlah buku yang tidak memadai, perawatan buku yang belum terjaga, motivasi siswa yang kurang (4) solusi untuk mengatasi masalah implementasi program gerakan literasi sekolah di MI Ma’arif NU Jipang antara lain: membuat pojok baca, pengadaan buku, disediakan lemari khusus untuk menyimpan buku, penanaman motivasi terhadap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Impementasi Program, Gerakan Literasi Sekolah, MI Ma’arif NU Jipang.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nela Rohdzatul Jannah sdr
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:19
Last Modified: 30 Apr 2021 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item