Pengembangan Sumber Daya Pendidik Di Madrasah Aliyah Modern Al-Musyawirin Weru Cirebon

novi, wulandari (2021) Pengembangan Sumber Daya Pendidik Di Madrasah Aliyah Modern Al-Musyawirin Weru Cirebon. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1717651022_Novi WUlandari_MPI_Tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidik adalah kunci dari sebuah keberlangsungan proses pendidikan, sebuah kunci keberhasilan dari meningkatnya mutu suatu lembaga pendidikan secara khusus. Oleh karena itu, kualitas suatu pendidik perlu selalu dikembangkan agar kualitas output dari lembaga pendidikan dapat berkualitas juga. Kualitas dari output lembaga pendidikan adalah barometer dari mutu lembaga pendidikan tersebut. Sayangnya, banyak lembaga pendidikan yang sering meremehkan hal ini, mereka hanya terfokus pada kuantitas peserta didik dengan menghiraukan kualitas pendidik. Dalam hal ini sekolah memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan sumber daya pendidik baik dengan melalui kegiatan di sekolah ataupun bekerjasama dengan organisasi pendidikan/lembaga pendidikan tinggi. Peneliti melihat ada MA yang telah menerapakan optimalisasi empat dasar dalam mengembangkan sumber daya pendidik, yaitu MA Modern Al- musyawirin Weru Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi pengembangan sumber daya pendidik di MA Modern Al- musyawirin Weru Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi data yang terdiri dari: data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa MA Modern Al- musyawirin melakukan optimalisasi empat dasar wajib dalam pengembangan sumber daya pendidiknya. Optimalisasi empat dasar tersebut diaplikasikan melalui kegiatan seperti: Pengembangan Kompetensi pedagogik (Supervisi, Workshop, MGMP), Pengembanga Kompetensi kepribadian (shalat duha, khutbah jum’at, perayaan hari besar Islam, perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha), Pengembangan Kompetensi sosial (pelaksanaan prinsip kekeluargaan, meningkatkan tiga unsur kompetensi sosial yaitu, komunikasi, bergaul dan berempati, serta mengoptimalkan peran HUMAS), Pengembangan Kompetensi profesional (Kegiatan Belajar Mengajar, Optimalisasi pengadministrasian kelas, Optimalisasi pengadministrasian sekolah, Evaluasi dan Pengawasan). Kata kunci: Pengembangan, Sumber daya, Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Pendidik
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NOVI WULANDARI sdr
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:13
Last Modified: 03 Mar 2021 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item